Kubu Raya

Kabupaten Kubu Raya = KKR

Bupati dan Wakil Bupati

Pemimpin Kabupaten Termuda Kalimantan Barat, Lanjutkan!

Keanekaragaman KKR

Kunjungi Sekarang! = Visit now!

Satu dalam keberagaman

Kubu Raya Berseri 2012

Jumat, 08 Juni 2012

Wisata KKR

Wisata di Kecamatan Sungai Ambawang
Oleh : Yunita Kusumawardani
Sungai Ambawang adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Kecamatan Sungai Ambawang, terdiri dari 12 desa, 48 dusun dan luas wilayah 726,10 km². Seiring dengan membaiknya aksestabilitas jalan protokol dan meningkatnya pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sungai Ambawang, memberikan ruang tersendiri khususnya bagi pengunjung yang ingin berwisata di daerah ini.
Wisata alternatif seperti wisata perkebunan dan sungai terdapat di Desa Jawa Tengah. Bagi pengunjung yang datang dari arah jalan Yam Sabran, dapat melihat beberapa tugu baru seperti Tugu Burung Enggang, dan Tugu Ali Anyang. Desa Jawa Tengah memilki kebun-kebun buah dan sayuran, pohon karet, tanaman padi, dan perkebunan kelapa sawit yang telah memberikan
sumbangan perekonomian kepada Kabupaten Kubu Raya. Wisata sungainya dapat diisi dengan kegiatan memancing karena sumber daya ikan air tawar masih berlimpah di Desa Jawa Tengah. Pengembangan budi daya ikan juga turut diberdayakan di sini.

Desa Jawa Tengah juga dapat dijadikan daerah wisata budaya karena sebagian besar masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat Jawa. Pada momen-momen tertentu biasa diadakan perhelatan campur sari, wayang kulit, Singa Barong, Pencak Silat, hadrah dan kesenian-kesenian lainnya. Desa Jawa Tengah dapat dijadikan orientasi budaya Jawa di Kalimantan Barat.
Potensi lain yang dimiliki Kecamatan Sungai Ambawang yaitu keberadaan terminal Ambawang tipe internasional. Terminal ini akan menjadi terminal terbesar yang ada di Kalimantan Barat. Dengan terpusatnya transportasi antar kabupaten bahkan negara di terminal ini, Kabupaten Kubu Raya berpotensi didatangi wisatawan lokal maupun manca negara. 
Pemberdayaan sebaik-baiknya daerah wisata tersebut dapat meningkatkan nilai akomodasi di Kecamatan sungai Ambawang. Pelayanan dan fasilitas terbaiklah yang menjadi magnet bagi pengunjung untuk berwisata ke daerah Kubu Raya.

0 komentar:

Posting Komentar